Wednesday, June 27, 2012

Tentang GPMT

Please visit our oficial web at : asosiasi-gpmt.blogspot.com

Asosiasi Produsen Pakan Indonesia (d/h Gabungan Perusahaan Makanan Ternak) atau yang lebih dikenal dengan sebutan GPMT, merupakan salah satu pilar utama industri peternakan dan perikanan di Indonesia. Didirikan sejak awal tahun 1970an, kini GPMT telah memiliki anggota sebanyak 50 unit produksi pakan yang tersebar di Sumatera Utara, Padang, Lampung, Tangerang, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan serta Sulawesi Selatan. Kapasitas terpasang dari pabrik pakan ternak saat ini telah mencapai  lebih dari 14 juta ton per tahun.

Visi GPMT :

    GPMT bersama anggotanya ikut bertanggung jawab dan senantiasa berperan aktif untuk mewujudkan pembangunan peternakan dan perikanan yang memfokus pada pencerdasan dan penyehatan bangsa, penciptaan lapangan kerja yang luas, menumbuhkan ekonomi pedesaan, meningkatkan pendapatan masyarakat terutama pedesaan serta menghambat urbanisasi,  melalui usaha penyediaan pakan ternak dan ikan yang berkualitas dan cukup serta  secara berkesinambungan.
                                                   
Misi GPMT :

GPMT sebagai organisasi yang berazazkan Pancasila dan UUD 1945 serta kegiatannya tidak mengikatkan diri kepada golongan organisasi politik apapun, bertujuan  memperjuangkan kepentingan para anggota dalam mengusahakan pakan ternak dalam arti yang seluas-luasnya, dalam rangka pembangunan peternakan pada khususnya dan pembangunan nasional secara umum Kegiatan tersebut diwujudkan dalam bentuk :
a.    Membina kerjasama yang baik dengan pemerintah atau badan-badan pemerintah, koperasi dan swasta.
b.    Melakukan usaha untuk meningkatkan mutu pakan, efisiensi dan produktivitas.
c.    Melakukan usaha lain bagi kepentingan anggota sepanjang tidak bertentangan dengan dasar dan tujuan organisasi serta perundangan yang berlaku.

    Sebagai asosiasi produsen pakan, GPMT dalam kiprahnya senantiasa memperjuangkan kepentingan para anggotanya. Tetapi tidak hanya sebatas itu, asosiasi ini juga berjuang untuk kepentingan dunia peternakan dan perikanan secara nasional dan juga peduli dengan kecerdasan bangsa Indonesia, terbukti sejak tahun 1989 GPMT telah membentuk Tim Kampanye Gizi dan melakukan road show keliling daerah dengan pakar gizi memberikan penyuluhan kepada ibu-ibu PKK dan anak-anak sekolah, menyampaikan pentingnya makan telur dan daging ayam serta ikan untuk kesehatan dan kecerdasan, sampai saat inipun GPMT tetap peduli.
    Sebagai asosiasi, GPMT juga melakukan Kongres setiap 3 tahun sekali untuk memperbaiki program kerjanya. Keberhasilan program kerja yang telah dicapai oleh GPMT antara lain adalah pembebasan PPN atas bahan baku pakan ternak dan ikan, pakan serta produk peternakan yang secara langsung meringankan beban peternak, ikut aktif dalam pembahasan RUU Peternakan, aktif memperjuangkan untuk menolak masuknya CLQ Amerika, aktif di Komnas Flu Burung Indonesia, saat ini tengah memperjuangkan penghapusan bea masuk jagung impor, yang diharapkan segera mendapat tanggapan positif dari pemerintah, sehingga membantu mengurangi beban peternak. Selain itu kiprah GPMT untuk Divisi Pakan Ikanpun cukup menonjol dan cukup didengar dan diperhatikan oleh pihak lain khususnya Pihak Pemerintah dalam hal ini adalah DKP baik pusat dan daerah, BPWC (Badan Pengelola Waduk Cirata) dan instansi lainnya. Aktivitas Divisi Pakan Ikan antara lain,telahikut merumuskan Finalisasi UU tentang Perikanan tahun 2002, Penyusun Kempem Peredaran Pakan Ikan, Penyusunan RSNI dalam bidang teknik budidaya ikan dan pakan dan yang sampai saat ini terus dilakukan adalah mempelopori Peduli Lingkungan dalam kegiatan budidaya perikanan.